You are here:   Home

Tabir Surya dan Anti Nyamuk
Sudah siap untuk berjemur di pantai? Jangan lupa untuk membawa tabir surya Anda. Sebaiknya Anda membeli tabir surya sebelum pergi ke Karimunjawa karena tidak ada toko yang menjual tabir surya di Karimunjawa. Kami menyarankan tabir surya non oil base dengan kandungan SPF yang tinggi, walaupun suhu tidak mencapai 40 an derajat celcius jika Anda memiliki tabir surya dengan kandungan SPF 50, tidak ada salahnya untuk dibawa.

Anda akan menjumpai nyamuk di kepulauan Karimunjawa karena banyaknya semak-semak dan dekat dengan hutan tropis dataran rendah. Anti nyamuk tersedia luas dan dapat didapatkan pada toko-toko yang ada. Saat memilih, perhatikan kandungan anti nyamuk yang ada, belilah anti nyamuk yang tidak mengandung DEET (N-diethyl-meta-toluamide) dan tanpa alcohol. Jangan tergoda untuk membeli hanya karena ada aroma bunga. Kami merekomendasikan anti nyamuk Johnson clear lotion. Harap diperhatikan bahwa anti nyamuk akan bereaksi dengan plastik. Hindari permukaan plastik saat menyimpan anti nyamuk.

Mengingat Anda berada di daerah tropis dimana banyak terdapat berbagai jenis serangga yang bisa membahayakan. Salah satu serangga yang paling sering dijumpai adalah semut. Untuk itu, persiapkan Vicks atau Balsam dalam kotak obat Anda.

Akomodasi
Saat ini, akomodasi di Karimunjawa semakin bertambah jumlahnya, baik hotel, resort dan homestay. Setidaknya terdapat 25 homestay, 4 hotel dan 2 resort. Mayoritas akomdasi di Karimunjawa membutuhkan booking lebih awal 1 bulan sebelumnya.

Jadwal Transportasi
Transportasi laut ke kepulauan Karimunjawa berupa kapal ferry yang disediakan oleh PT ASDP. Selain itu terdapat juga kapal cepat dari Semarang yang melayani penyeberangan 2 kali seminggu. Berikut ini jadwal penyeberangan baik dari Semarang maupun Jepara :

Jadwal Keberangkatan

Keberangkatan
Tujuan Tipe Kapal
Hari Waktu Berangkat ETA
Semarang Karimunjawa Kapal Cepat
Sabtu 09.00 12.30
Semarang Karimunjawa Kapal Cepat Senin 07.00 12.30
Jepara Karimunjawa Ferry Sabtu, Senin, Rabu 09.00 15.00

Jadwal Pulang

KeberangkatanTujuanTipe Kapal
Hari Waktu Berangkat
ETA
Karimunjawa Semarang Kapal Cepat Minggu 14.00 17.30
Karimunjawa Semarang Kapal Cepat Selasa 11.00 17.30
Karimunjawa Jepara Ferry Minggu, Selasa, Kamis 08.00 14.00

Mata Uang
Mata uang yang digunakan di Karimunjawa yaitu Rupiah (IDR). Mayoritas akomodasi, persewaan alat, persewaan kapal dan pembayaran jasa hanya menggunakan rupiah. Dolar hanya diterima di resort, baik Nirvana resort maupun Kura-Kura resort. Usahakan selalu membawa uang dengan berbagai denominasi, hal ini untuk memudahkan dalam pembayaran.

Sampai sat ini belum terdapat mesin ATM, merchant kartu kredit/IDC, maupun money changer. Anda harus menukarkan uang Anda sebelum berangkat ke Karimunjawa. Berikut ini merupakan kisaran nilai tukar rupiah terhadap berbagai mata uang asing :
Satu US$ = Rp 10.000
Satu Euro = Rp 14.000

Klik di sini untuk melihat standar nilai tukar terbaru.

Hewan Berbahaya
Berhati-hatilah terhadap beberapa hewan yang ada di pantai maupun diperairan dangkal. Kita akan melihat surga bawah air dengan segala keindahannya, warna yang eksotis dan menyenangkan. Warna dan bentuk unik inilah yang biasanya menggoda wisatawan untuk lebih dekat dan menyentuh. Warna dan bentuk yang unik pada biota laut diciptakan sebagai alat pertahanan diri, ketika Anda menyentuhnya – masalah baru saja dimulai.

Ubur-Ubur Sengatan ubur-ubur dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, membuat kulit terbakar dan kemerahan serta menimbulkan pembengkakan kelenjar getah bening. Tentakel ubur-ubur panjangnya bisa mencapai 12 meter. Selalu hindari daerah dimana terlihat ubur-ubur dan JANGAN pernah untuk memegangnya bahkan sekalipun yang mati di pantai.

Anemon dan Karang Kita dapat menemukan anemon dan karang di Karimunjawa daerah pasang surut sampai ke perairan lepas pantai yang cukup dalam. Tentakel memiliki sel menyengat yang digunakan untuk untuk menangkap mangsanya. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar dan gatal-gatal, kemerahan dan bengkak pada daerah yang terdapat kontak.

Sea Urchin Bulu Babi merupakan biota laut yang kecil dan berduri yang ditemukan di seluruh dunia dan hidup di daerah terumbu perairan dangkal sampai kedalaman 100 kaki. Memiliki duri panjang yang rapuh. Lindungi diri Anda dengan memakai alas kaki dan tidak berjalan di daerah berbatu-batu dengan kecerahan buruk.

Telekomunikasi
Layanan telekomunikasi tersedia secara luas di Karimunjawa yang disediakan oleh PT Telkom. Jaringan telpon tersedia dalam koneksi kabel maupun seluler. Handphone bekerja pada frekuensi 1900 MHz. Jika Anda menelepon teman dengan nomor lokal dari ponsel jangan lupa untuk menambahkan kode lokal (0291) sebelum nomor tersebut.

Saat ini jaringan sangat mungkin untuk menelpon dan menerima panggilan melalui handphone dengan menggunakan kartu Simpati Telkomsel. Signal simpati cukup kuat dan didukung oleh 3 BTS. Pengisian pulsa bisa dilakukan di berbagai toko yang ada di Karimunjawa, jika Anda akan mengisi pulsa sebaiknya dilakukan sebelum pukul 20.00. Kami merekomendasikan Telkomsel Simpati sementara tinggal di negara itu sejak mereka memiliki area cakupan terluas dan dengan harga kompetitif.

Jasa Pos
Karimunjawa juga memiliki jasa Pos untuk mengirimkan surat ke seluruh Indonesia. Kartu pos dan perangko yang tidak tersedia luas di hotel maupun toko umum. Seperti halnya di daerah lain, kotak pos di Karimunjawa berwarna kuning. Pengiriman surat dar Karimunjawa akan sedikit lebih lama mengingat lokasinya yang jauh dari daratan pulau Jawa. Jika Anda ke Karimunjawa, tidak ada salahnya Anda mengirimkan kartu pos atau surat ke rekan atau saudara untuk menunjukkan bahwa Anda sedang menikmati liburan yang menyenangkan.

Air dan Listrik
Listrik di Karimunjawa dipasok oleh generator milik masyarakat setempat. Pemutusan listrik sering terjadi di siang hari namun mayoritas hotel yang ada memiliki genset untuk mensuplai listrik. Plug yang digunakan di Karimunjawa seperti halnya di daerah lain di Indonesia, plug 2 pin model Perancis 13 amp yang dapat digunakan pada tegangan 220 volt dan frekuensi 50 Hz. Jika Anda perlu membeli adaptor, sangat dianjurkan untuk mendapatkannya sebelum kedatangan Anda ke Karimunjawa.

Air untuk minum dan mencuci biasanya berasal dari sumur artesis dan aman untuk diminum setelah dimasak. Beberapa daerah yang sangat dekat dengan hutan Taman Nasional Karimunjawa memiliki air yang sangat segar dan tidak payau. Terdapat juga warga yang lebih suka menggunakan air tersaring karena air sumur terasa payau dan tidak segar. Jika Anda menginap di hotel, air tidak menjadi masalah bagi Anda semua.

Karimunjawa Tour ikut menerapkan program "minimum discharge policy", jadi kami akan melakukan berbagai hal guna mengurangi sampah di Karimunjawa. Misalkan, Anda harus mengisi tempat minum dengan air mineral yang akan kami disediakan.

Berkaitan dengan air, perlu diingat bahwa kita berada di sebuah lingkungan pantai terpencil dan air segar terbatas jumlahnya. Setiap orang bertanggung jawab untuk menghemat penggunaan air. Silakan menutup kran air ketika mencukur kumis atau menggosok gigi sehingga mengurangi pemakaian air. Jika Anda mengunjungi daerah terpencil di Karimunjawa pastikan bahwa Anda memiliki persediaan air yang cukup.

Tingkat Kejahatan
Karimunjawa merupakan daerah dengan kejahatan terendah di Indonesia dan hal tersebut menjadi kebanggaan bagi penduduk Karimunjawa dan pemerintah. Penduduk Karimunjawa memiliki kejujuran tinggi. Anda bisa memperhatikan bahwa banyak sepeda motor yang diparkir dengan kunci tergantung di motor sepanjang malam atau rumah yang ditinggal pergi tanpa dikunci.

Namun demikian, walau dengan tingkat kriminalitas yang rendah jangan membuat Anda terlena dan tetap harus berhati-hati.

Alkohol
Alkohol tidak secara luas tersedia di Karimunjawa. Jika Anda berada di hotel, Anda bisa meminta ke pelayan untuk menyediakan bir seperti "Bintang" sebelum memesan makanan Anda. Minum atau mabuk di tempat umum merupakan perbuatan melanggar hukum. Demikian juga halnya dengan mabuk dan mengemudikan kendaraan. Jika Anda tertangkap sedang minum beralkohol, Anda bisa menghadapi hukuman penjara.

Obat Terlarang dan Merokok
Indonesia memiliki peraturan yang ketat terhadap obat terlarang. Terdapat hukuman dan denda yang berat jika memiliki obat-obatan terlarang walaupun jumlahnya sedikit dan bahkan bisa hukuman mati jika membawa dalam jumlah banyak

Ada peraturan merokok di tempat umum dan denda bagi pelanggar. Denda bisa mencapai maksimal Rp 50.000.000 atau 6 bulan penjara.

Fotografi
Banyak terdapat kesempatan mengambil foto di Karimunjawa dan pasti Anda ingin kembali serta menunjukkan hasilnya kepada teman atau keluarga, betapa indah Karimunjawa. Penduduk local tidak keberatan jika Anda mengambil foto mereka dan dengan senang hati akan membantu mengambilkan foto bagi Anda.

Gay dan Lesbian
Praktek homoseksual dilarang di Indonesia. Menunjukkan aktivitas homoseksual bisa mengundang perhatian dari penduduk setempat dan dapat membuat penduduk tidak menyukai Anda. Harap diperhatikan bahwa Anda tinggal di negara dengan mayoritas Muslim yang memiliki nilai-nilai yang berbeda.

Berpakaian
Matahari bersinar sepanjang tahun di Karimunjawa maka kesempatan untuk berjemur sangat banyak. Anda bisa menunjukkan ke teman-teman atau keluarga kulit coklat indah yang Anda miliki. Dalam hal berpakaian, berjalan di jalan dengan bikini akan mengundang perhatian yang tidak diinginkan dan melanggar norma masyarakat. Meskipun hal ini tidak melanggar hokum, Anda sebaiknya menghormati nilai-nilai lokal.

Restoran
Perairan Karimunjawa merupakan sumber makanan yang berlimpah. Ikan segar, cumi-cumi dan udang merupakan makanan sehari-hari masyarakat. Untuk restoran tidak banyak dijumpai di Karimunjawa dan biasanya hanya terdapat di akomodasi. Selain restoran terdapat juga warung makan tradisional yang menghidangkan makanan terjangkau seperti nasi goreng, ikan goreng atau menu lokal dengan bermacam-macam sayuran.

Tipping
Berkaitan dengan tip, pada umumnya hotel memasukkan dalam biaya layanan. Kebanyakan orang biasanya tidak mengharapkan tip. Namun jika Anda ingin memberikan tip, Rp 10.000 merupakan jumlah yang wajar, namun sekali lagi, tip bukan keharusan. Pastikan Anda memiliki pecahan uang kecil dalam dompet Anda.

Masyarakat Karimunjawa memiliki budaya dalam hal makan. Mereka menikmati pada umumnya menikmati makanan asia dengan rempah-rempah yang banyak. Masyarakat akan memperlakukan Anda dengan baik dan mengajak Anda menikmati makanan lezat yang merupakan warisan dari leluhurnya. Berbeda dengan Barat, penduduk Karimunjawa memiliki waktu sarapan pagi pada pukul 06.00 pagi dengan menu nasi, sayuran, ikan. Ini mirip seperti main course bagi orang Barat dan terlihat terlalu banyak. Tapi percayalah, Anda akan membutuhkan banyak energi selama aktivitas.

Jika Anda memiliki permintaan khusus tentang makanan seperti sedikit bumbu, tidak pedas atau waktu penyajian tersendiri, bisa menyampaikan hal tersebut ke pemilik akomodasi.

Contact Us

Jl. Puspogiwang II No 18, Pamularsih, Semarang
Jawa Tengah, Indonesia 50149
Phone : +62 24 70 74 65 71

Mr. B. Arbanto : +62 24 70 74 65 71
info@karimunjawatour.com