You are here:   Home

Perlu diingat bahwa kita akan memasuki kawasan Taman Nasional Laut yang memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi. Untuk menjaga lingkungan dan membuat perjalanan Anda lancar, silakan patuhi beberapa hal berikut ini :

Jangan:
1. Menginjak Karang
Karang merupakan hewan yang sangat rentan kerusakan dan membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh. Menginjaknya akan bisa mematahkan atau merusak lapisan permukaan karang bahkan bisa melukai kaki Anda. Karang sangat sensitif akan sentuhan, walaupun sentuhan kecil akan bisa membunuhnya. Perhatikan kaki dan fin setiap saat.

2. Mengaduk sedimen
Ketika Anda berenang, fin akan membuat aliran air yang dapat membuat sedimen dan partikel mengganggu bahkan menutupi karang. Hal ini akan mengurangi efisiensi karang dan dapat menyebabkan kematian. Hal ini juga akan membuat hewan kecil terlempar atau meningkatkan peluang dimangsa oleh hewan lain.

3. Mengejar atau menyentuh hewan laut
Hal ini bisa menyebabkan stres berat terhadap hewan dan menyentuh hewan tertentu, misalkan ikan Buntal, Anda bisa berpeluang menyebarkan penyakit atau menghilangkan lapisan perlindungan ikan, mamalia, invertebrata dan spesies lainnya. Ingat, jangan memegang atau terlalu dekat.

4. Memberi Makan Ikan
Memberi makan ikan atau hewan liar lainnya dapat membuatnya tergantung terhadap manusia sebagai sumber makanan. Memberi makan ikan atau hewan liar lainnya bisa menumpulkan rasa takutnya terhadap manusia dan lebih agresif mendekat. Hal ini juga bisa mengakibatkan algae berlimpah dan menutupi karang karena ikan tidak memakan alga lagi.

5. Membuang Sampah Sembarangan
Masalah yang bisa timbul akibat sampah di laut bervariasi yaitu dari hewan laut yang salah mengira sampah sebagai makanan sampai kontaminasi kimia ke perairan dan masuk ke dalam rantai makanan hewan laut serta manusia. Mari kita membuang sampah pada tempatnya, jangan sembarangan.

6. Mengoleksi Hewan Laut, baik hidup atau mati
Biota laut lambat laun akan hancur menjadi partikel-partikel kecil dan kembali menjadi bagian darai rantai makanan yang diperlukan oleh biota lain untuk pertumbuhan. Bahkan cangkang pun berperan dalam siklus makanan biota laut. Maka jangan pernah mengambil biota laut baik hidup maupun mati.

7. Membeli Suvenir dari Hewan Laut
Memperjualbelikan cinderamata yang terbuat dari karang atau biota laut lainnya secara tidak langsung dapat mendorong pengambilan biota laut secara besar-besaran. Dapat dibayangkan untuk sebuah gelang kerang dibutuhkan sedikitnya 10 cangkang, bagaimana jika 1.000 wisatawan membeli sedikitnya 5 gelang, setiap bulannya ribuan cangkang akan diambil dari laut dan akan mengganggu rantai makanan.

8. Memakan Sirip Hiu
Hiu merupakan pemangsa tingkat tinggi dalam rantai makanan. Saat ini hiu mendekati kepunahan karena banyak diburu untuk kebutuhan komersial dan hanya diambil siripnya untuk dikonsumsi. Berhentilah membeli dan mengkonsumsi ikan hiu, berarti ikut menghentikan perburuan ikan hiu.

9. Menembak Ikan
Menggunakan spear gun bagi wisatawan adalah kegiatan tidak ramah lingkungan karena spesies ikan yang menjadi sasaran tembak pada umumnya merupakan ikan yang siap memijah, sehingga dapat mempengaruhi perkembangbiakan spesies ikan tersebut. Alasan lainnya yaitu kegiatan ini dapat membahayakan wisatawan.

Lakukan:
1. Mendukung Konservasi
Mendukung program-program konservasi salah satunya dengan cara menyumbang dana bagi program-program konservasi laut. Berikanlah apa yang dapat anda berikan untuk memulihkan keadaan terumbu karang. Pilihlah hotel, resort, dive operator, tour operator yang ramah lingkungan.

2. Jadi Sukarelawan
Berbuatlah sebanyak mungkin untuk membantu organisasi dan kegiatan pelestarian lingkungan khususnya terumbu karang. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, Anda secara langsung ikut melestarikan lingkungan serta memberi contoh positif upaya penyelamatan terumbu karang kepada orang lain.

3. Gunakan Baju Pelampung
Menggunakan baju pelampung disarankan untuk Anda yang belum terbiasa di laut. Hal ini untuk mencegah terinjaknya terumbu karang secara tidak sengaja dan demi keselamatan Anda.

4. Latih Daya Apung
Latihlah keterampilan mengapung dan teknik fotografi di kolam renang sebelum menyelam. Fotografer harus memiliki keterampilan mengapung yang bagus untuk menghindari kontak langsung dengan hewan laut.

Contact Us

Jl. Puspogiwang II No 18, Pamularsih, Semarang
Jawa Tengah, Indonesia 50149
Phone : +62 24 70 74 65 71

Mr. B. Arbanto : +62 24 70 74 65 71
info@karimunjawatour.com